Dirjen IKP Kemkominfo Buka SAIK 2019

Dirjen IKP Kemkominfo Buka SAIK 2019

Pangkal Pinang (malangkota.go.id) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia menggelar Sinergi Aksi Informasi Komunikasi (SAIK) 2019 di di Novotel Bangka Convention Centre, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pembukaan SAIK 2019

Kegiatan SAIK 2019 ini dibuka oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo RI Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Kamis (23/10/19). Rangkaian pembukaan SAIK 2019 ini ditandai dengan parade peserta pertura (pertunjukan rakyat), antara lain dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Prov. Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Papua Barat, Kep. Bangka Belitung.

Agenda tahunan Ditjen IKP Kemkominfo RI kali ini mengambil tema ‘Kolaborasi Komunikasi Untuk Mengangkat Persatuan dan Kesatuan Bangsa’ dan diikuti dari berbagai kabupaten dan kota se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Widodo Muktiyo mengungkapkan peran Dinas Kominfo di seluruh Indonesia adalah bertanggung jawab untuk menyikapi literasi media online atas luberan informasi yang telah beredar luas di seluruh penjuru Nusantara. Kementerian Kominfo saat ini sedikitnya telah memblokir 547.000 konten-konten negatif.

Menurut Widodo, di 514 kab/kota se-Indonesia diharapkan untuk bersinergi dan berliterasi menjadi Goverment Publik Relation (GPR) sebagai mitra masyarakat.

Gelaran SAIK 2019 memiliki agenda diantara adalah Festival Seni Pertura yang digelar pada hari Rabu dan Kamis (23-24 Oktober 2019) di Alun-alun Taman Merdeka Pangkal Pinang yang juga telah dibuka oleh Prof. Dr. Widodo Muktiyo didampingi oleh Wakil Gubernur Prov. Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu ada juga Seminar Kehumasan dengan pemateri Prof. Henry Subiakto (Staf Ahli bidang Komunikasi dan Media Sosial Kementerian Kominfo), Rustika Herlambang (Indonesia Indikator), Dr. Drs. Karjono Admoharsono, SH., M. Hum (Sekretaris Utama Bidang Pembinaan Ideologi Pancasila).

Dalam rangkaian SAIK 2019 nantinya akan ditutup dengan gelaran Anugerah Media Humas (AMH) 2019 pada Jumat (25/10/2019). Kota Malang masuk nominasi AMH 2019 dalam kategori website dan kategori media sosial. (bip/yon)

Sumber: https://malangkota.go.id/2019/10/24/dirjen-ikp-kemkominfo-buka-saik-2019/