Buka Perkemahan Karakter, PLT Bupati : Membangun Karakter Ibarat Mnegukir

Buka Perkemahan Karakter, PLT Bupati : Membangun Karakter Ibarat Mnegukir

PUJON - Kegiatan perkemahan pendidikan karakter SMP se Kabupaten Malang yang di gelar di Wisata Coban Rondo, Desa Pujon kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang di buka oleh Plt. Bupati Malang, HM Sanusi MM, Perkemahan selama 3 hari yang di mulai, Rabu (7/8) sore dan akan berakhir 9 Agustus 2019 di ikuti tidak kurang 1000 pelajar SMP se Kabupaten Malang.

Kegiatan tersebut merupakan program kerja yang diprakarsai oleh Dinas pendidikan Kabupaten Malang dalam upaya membentuk karakter generasi muda khusunya di Kabupaten Malang sejak usia dini. Turut Hadir dalam kegiatan itu Plt. Bupati Malang, Kepala Dinas Pendidikan, Ketua PGRI Kabupaten Malang, Korwil Pendidikan se-Kabupaten Malang, Camat Pujon beserta Muspika.

Plt. Bupati Malang dalam sambutannya mengatakan, kegiatan perkemahan ini dilaksanakan untuk membentuk karakteristik Siswa, " Karakter bangsa merupakan aspek penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa, sedangkan karakter tersebut sangat bergantung pada kualitas Sumber Daya Manusianya. Guna mencetak karakter yang berkualitas, perlu dibina sejak usia dini agar anak terbiasa berperilaku positif, " terangnya.

Ia juga mengatakan, Membangun karakter ibarat mengukir. Sifat ukiran adalah melekat kuat di atas benda yang diukir, tidak mudah usang dimakan waktu dan tidak aus karena gesekan. Menghilangkan ukiran sama dengan menghilangkan benda yang diukir itu, karena ukiran melekat dan menyatu dengan bendanya. Demikian pula dengan karakter yang merupakan sebuah pola, baik pikiran, perasaan, sikap, maupun tindakan yang melekat pada diri seseorang dengan sangat kuat dan sulit dihilangkan.

" Menjadi tugas bagi kita para generasi terdahulu untuk terus berupaya dan berkomitmen membentuk generasi penerus yang berkarakter positif dan menjadi pribadi yang santun, cerdas, sehat serta agamis, Dalam proses pembentukan karakter di era modern saat ini sangat berbeda prosesnya dengan pembentukan karakter di masa lampau, karena kemajuan teknologi yang semakin pesat ternyata juga sangat berpengaruh," tambahnya.

Mengakhiri Sambutannya, Pak Sanusi memberikan dukungannya atas pelaksanaan Perkemahan Karakter ini, baik para peserta dan pendamping untuk dapat mengikutinya secara maksimal, sehingga hasil dari kegiatan ini betul-betul dapat dirasakan. " Semoga dengan upaya, komitmen dan kerjasama dari semua pihak, karakter anak-anak di Kabupaten Malang akan semakin baik sehingga akan membentuk karakter bangsa yang kuat, dan negara yang maju, " pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pak Sanusi berkesempatan menyerahkan penghargaan juara siswa berprestasi SMP Kabupaten Malang yakni ; Juara 1, Anisa Andriawati dari SMP Negeri 2 Wagir. Juara 2, Revalza Mayro dari SMP Negeri 2 Sumberpucung. Juara 3, Dimas Raditya dari SMP Jendral Sudirman Kalipare. Selanjutnya juga diserahkan juara lomba cerdas cermat SMP Kabupaten Malang, untuk juara 1 diraih SMPN 4 Kepanjen, untuk juara 2 dan 3, direbut SMPN 1 Gondanglegi dan SMPN 2 Pagak. (humas/tup)

Sumber : http://www.malangkab.go.id