Tak Hanya Cetak Pemain, Akademi Arema Juga Cetak Mindset

Tak Hanya Cetak Pemain, Akademi Arema Juga Cetak Mindset

Perkembangan pembinaan usia dini tidak hanya terpaku pada aspek teknis dari individu maupun tim, untuk ke jenjang berikutnya dibutuhkan mindset dan  mental yang tangguh. Hal itu yang coba dibangun di Akademi Arema.

“Tidak kalah penting yang harus ditanamkan adalah mindset atau pola pikir untuk meraih tujuan, karena sepak bola bukan untuk satu atau dua hari, tapi jangka panjang. Butuh mental yang tangguh untuk meraih tujuan,” ungkap direktur pengembangan kurikulum Akademi Arema, Agus Yuwono.

 


Agus memiliki alasan khusus bahwa sepak bola usia dini harus memiliki orientasi jangka panjang. Hal itu berkaitan dengan level masing-masing individu pemain yang memiliki target untuk menjadi pemain profesional.


“Tujuan utama dari pembinaan usia muda adalah menekankan pada pemain untuk terus belajar dan mengasah, fase-fase ini sangat menentukan. Jika memang akhirnya menjadi juara di level kelompok usia muda,  itu adalah bonus saja. Namun jangan sampai memaksakan mereka untuk harus menang sehingga lupa pada target jangka panjang,” paparnya.


Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Akademi Arema terus berusaha menyuplai pemain ke jenjang profesional untuk kebutuhan tim Arema FC di Liga 1, di tahun ini setidaknya empat pemain didaftarkan untuk memperkuat tim Singo Edan di kompetisi Liga 1 2021.