Selamat Datang Peserta AKKOPSI 2019 di Bumi AREMA.

Selamat Datang Peserta AKKOPSI 2019 di Bumi AREMA.

Malang - Kabupaten Malang menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara akbar pertemuan kepala daerah yang tergabung dalam Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi), Kamis (08/08) pagi. Sebelum melakukan peninjauan Lapang menuju ke Desa Wisata Pujon Kidul, terlebih dahulu para tamu dijamu di Pendopo Agung Kabupaten Malang. Perhelatan akbar aliansi terbesar pemerintah daerah di Indonesia dibidang lingkungan dan sanitasi itu resmi dibuka, dan Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon Kidul menjadi sasaran lokasi peninjauan.

Plt. Bupati Malang, HM Sanusi MM dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada para peserta di Kabupaten Malang, dengan kehadiran Bapak dan Ibu dapat semoga dapat semakin mempererat jalinan silaturahmi yang telah terjalin. Suatu kehormatan dan  kebanggaan bagi kami, atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Malang untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan AKKOPSI tahun 2019. " Ini merupakan buah dari kerja keras seluruh pihak, baik Pemerintah Kabupaten Malang, stakeholders, maupun masyarakat yang sangat serius mengupayakan dan  mewujudkan Kabupaten Malang 100% sanitasi. Semoga melalui momentum ini dapat menjadi wadah yang tepat untuk saling bertukar pikiran, menghasilkan langkah-langkah konkret, sehingga target universal akses sanitasi dapat  benar-benar terwujud, sebagai salah satu komponen pendukung dalam pembangunan," Ucapnya.

Pak Sanusi menekankan bahwa bidang sanitasi berperan penting dalam menciptakan lingkungan dan masyarakat sehat, dimana pada gilirannya akan mampu menjadi bagian integral dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Sanitasi juga memainkan peran penting dalam membantu merealisasikan tiga strategi umum program prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Malang. " Oleh karena itu perlu adanya dukungan dari semua pihak, karena bidang sanitasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat. Tidak hanya infrastruktur saja, pembangunan bidang sanitasi juga perlu diikuti dengan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, " Jelasnya.

Ia menjelaskan dalam peninjauan lapangan ke Desa Pujon Kidul, dimana nantinya akan melihat secara langsung bagaimana pengembangan sanitasi di wilayah Pujon Kidul, sekaligus dapat menikmati destinasi wisata yang ada disana. " Saya berharap mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, sehingga AKKOPSI sebagai wadah bagi Kabupaten/Kota yang peduli sanitasi, dapat berkontribusi secara optimal terhadap percepatan perwujudan universal akses sanitasi di seluruh Indonesia, " pungkasnya.

Forum Advokasi dan Horizontal Learning (AHL) di Kabupaten Malang tahun 2019 ini yang mengangkat tema: "SINERGITAS PARIWISATA DAN SANITASI" merupakan inovasi baru yang mengkolaborasikan 3 (tiga) strategi dan arah kebijakan dalam mencapai visi misi pembangunan yaitu Menurunkan Angka Kemiskinan; Mengoptimalkan Potensi Sektor Pariwisata dan Memperkuat Daya Dukung Lingkungan Hidup.

Sementara itu, Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME yang juga sekaligus Ketua Umum Aliansi Kota-Kabupaten Peduli Sanitasi untuk periode masa bakti tahun 2019-2021, menyampaikan, Dalam implementasinya, AKKOPSI telah berkoordinasi secara intensif dengan pemerintah pusat, kementerian yang terkait dalam program management unit percepatan pembangunan sanitasi permukiman (PMU-PPSP), dalam hal ini Bappenas, maupun Program Implementation Unit (PIU) dalam hal ini, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, serta Kementerian Dalam Negeri.

" Pada hari ini, pertemuan ini juga diharapkan tidak hanya memperkuat pemaham - pemahaman kita setelah mendengarkan Pembicara Kunci dari Menteri Pariwisata RI, serta sharing pengalaman dan pembelajaran Bupati Malang namun diharapkan kita dapat melakukan pembelajaran secara horizontal tentang berbagai kendala dan persoalan sinergi provinsi dan kabupaten/kota dalam pembangunan sektor sanitasi, " harapnya, sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Hadir dalam gelaran tersebut, Bupati Pringsewu , Walikota Kediri, Walikota Mojokerto, Kepala Dinas kesehatan Provinsi Jawa Timur mewakili Gubernur Jawa Timur, Hari Santoso, Direktur Pembangunan Daerah kementerian Dalam Negeri, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional 1, Kementerian Pariwisata, Direktur Eksekutif Sekretariat Nasional AKKOPSI, beserta jajaran Pengurus, serta Forkopimda Kabupaten Malang dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang. (humas/tup)

Sumber : http://www.malangkab.go.id