Diskominfo Kota Malang Bekali KIM Ilmu Jurnalistik

Diskominfo Kota Malang Bekali KIM Ilmu Jurnalistik

Klojen (malangkota.go.id) – Dari 57 kelurahan di Kota Malang, hingga saat ini sudah ada 16 kelurahan yang memiliki Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Di bawah pembinaan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang, setiap anggota KIM terus diberdayakan dengan memberi aneka pelatihan, seperti Workshop Jurnalistik  dan Fotografi yang diadakan di Hotel Trio Indah 2, Selasa (29/10/2019).

Sekdin Kominfo Kota Malang mewakili Kepala Dinas Kominfo Kota Malang memberikan sambutan sekaligus membuka Workshop Jurnalistik dan Fotografi

Tak hanya diajari cara menulis berita, para anggota KIM ini juga dibekali ilmu fotografi sehingga nantinya bisa memberikan informasi yang komprehensif serta didukung foto yang bagus. Dua pemateri dari dua media ternama pun dihadirkan agar ilmu yang diperoleh peserta sesuai kaidah jurnalistik.

Sekretaris Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Moh. Sulthon, S.Sos, MM berharap setelah mengikuti pelatihan ini, anggota KIM nantinya bisa mengeksplor berbagai potensi dan keunggulan yang ada di wilayah kelurahan masing-masing. “Seperti produk UMKM, prestasi dan berbagai informasi yang bisa diakses warga melalui website dan media sosial yang dimiliki,” imbuhnya.

Di sisi lain, KIM yang merupakan salah satu kepanjangan tangan dari Pemkot Malang juga di harapkan dapat membendung beredarnya berita bohong atau hoaks yang beredar. “Karena dengan kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, potensi atau pemicu munculnya hoaks cukup besar,” ungkapnya.

Pasca pelatihan ini, Sulthon mengatakan Dinas Kominfo akan mendorong dan terus mendampingi kelurahan-kelurahan lain yang hingga saat ini belum membentuk KIM. “Dengan demikian, dari jurnalisme warga tersebut akan turut membantu program pemerintah daerah, menyukseskan pembangunan dan terwujudnya smart city,” pungkasnya. (say/yon)

Sumber: https://malangkota.go.id/2019/10/30/diskominfo-kota-malang-bekali-kim-ilmu-jurnalistik/