Kaya Makna di Jersey 2018

Menghadapi Kompetisi Liga 1 Tahun 2018, Tim Singo Edan Arema FC memperkenalkan jersey barunya dengan model yang lebih energik  dan menjunjung semangat tinggi. Diinspirasi dengan jargon barunya , Roar Everywhere, jersey Arema diharapkan menjadi ciri khas Arek Arek Malang dalam membangun kebersamaan dan sense of belonging Arema dan Aremania se jagad raya.

Mengaum dimana saja, diharapkan Singo Edan mampu berprestasi dengan tetap menjaga penampilannya yang garang, disegani lawan, namun tetap menebarkan kebaikan kebaikan positif di mana saja berada.

Jersey ini juga menginspirasi semangat lawas khas Arek Malang untuk terus tumbuh kembang dimanapun berada, seperti yang di lontarkan oleh Pendiri Arema Sam  Lucky Acub Zainal, AREMA TIDAK KEMANA MANA TAPI ADA DIMANA MANA.

Tentu Arema FC juga mengucapkan banyak  terima kasih kepada SPECS , Perusahaan Apparel dalam negeri yang bermitra mencetak klub klub Juara , salah satunya Arema. Specs merancang Jersey Arema dengan nilai seni yang tinggi, dengan penggarapan produksi yang modern.

 

Semua Jersey Arema FC berbahan X-Dry yakni jenis kain yang biasa digunakan untuk jersey yang memiliki fungsi menyerap keringat dan membuang langsung ke luar tubuh. Harapannya dengan rancangan dan berbahan khusus memberikan kenyamanan dan kebanggaan bagi para pemain Singo Edan agar tampil prima.  Specs bersama manajemen Arema FC mampu mendedikasikan nilai nilai Arema kedalam sebuah karya besar berupa JUBAH PERANG para Punggawa Singo Edan.

 

Dalam kompetisi musim ini Arema FC mempersiapkan tiga jersey, diantaranya adalah

 

  1. BIRU BIRU BIRU sebagai Jersey Home Arema FC
  2. PUTIH PUTIH PUTIH sebagai Jersey Away AREMA FC
  3. MERAH MERAH MERAH sebagai Jersey Cadangan AREMA FC

 

 

Jersey Home Arema 2018 masih didominasi warna biru, warna kebanggaan Singo Edan. Mengapa Biru sampai hari ini kita pertahankan ? Karena Biru adalah warna Arek Arek Malang. Layaknya Singa, Biru itu pribadi yang tenang, bijaksana dalam berpikir dan bertindak, namun garang menantang menghadapi semua lawan.

Seorang Konsultan Warna kelas dunia, Leatrice Eisman dalam bukunya More Alive With Colour, Biru itu identik dengan kesetiaan atau loyalitas. Seperti langit, meski ada awan, meski ada hujan, itu warna langit akan tetap kembali Biru. Seperti  Arema dan Aremania kebanggaan kalian,  tangguh menghadapi apapun ancaman, rintangan,  dan halangan tetap tegar melawan.

Specs bersama Manajemen Arema FC, ingin para punggawa Singo Edan juga memberikan tauladan dalam menjunjung tinggi fairplay,  karena itu kombinasi warna putih disematkan di lengan kanan kiri Jersey Arema FC. Fairplay dan sportifitas itu adalah putih,. Tetaplah berperang, namun jauhi  kelicikan.

Berbeda dengan jersey jersey sebelumnya, di bagian tengah jersey, dihadirkan motif garis layaknya sebuah anyaman mengkombinasi warna putih dan biru muda dari posisi bawah menuju atas bermuara di kerah berwarna putih berbentuk bulat. Selain itu juga terlihat mencolok dibagian sisi samping kanan dan kiri jahitan jenis obras melintas vertical menyambung  kain bagian depan dan belakang.

Di dunia fashion, bentuk kerah bulat ini dinamakan O- Neck.  Sedangkan, jahitan obrasnya dinamakan Jahitan Obras Lima Benang, yakni jenis jahitan kombinasi antara jenis jahitan chainstitich atau jahitan jeratan rantai dengan jahitan Three Thread Overedge atau obras tiga benang. Sehingga jahitan itu disebut jahitan obras lima benang dengan jahitan pengaman penuh untuk mengunci  atau mencegah rontoknya benang-benang halus penyusun kain pada bagian pinggiran atau sambungannya. Jahitan Obras Lima Benang ini agar kain tidak mudah kusut dengan menggabungkan dua lapisan kain secara bersamaan.

Apa kaitan motif anyaman, kerah berbentuk O dan Obras Lima  Benang?, semuanya mengisyaratkan persatuan dan  kesederhanaan.  Anyaman saling mengeratkan, saling mendukung, dan saling menjaga.  Kerah berbentuk O adalah equality, simple dalam kebersamaan, sama tanpa melihat perbedaan. Sedangkan Obras Lima Benang adalah keterikatan lima komponen besar di Malang Raya yang diharapkan turut memberi manfaat bagi Arema dan Aremania yakni   Pemerintah Daerah Se Malang Raya, TNI, Kepolisian, para Pengusaha dan Para Tokoh dan Pemuka Agama. Lima juga bisa digambarkan bahwa Arema dan Aremania, Arek Arek Malang semunya cinta Pancasila.

 

Selain jersey home, dua jersey lainnya,  Jersey Away dan Jersey  Cadangan juga memiliki filosofi yang kuat terkait perjalanan tim Singo Edan. Berikut filosofi  dua jersey tersebut.

 

PUTIH PUTIH PUTIH sebagai Jersey Away AREMA FC

Musim ini Jubah Perang untuk tandang Singo Edan memilih Putih Putih Putih. Bukan Putih Polos Yang dipilih, tapi tetap mengkombinasi semangat Biru di lengan kanan kiri Dendi Santoso dan kawan kawan.  Yang berbeda di lengan Jersey Away ini terdapat pelipit atau pinggiran lengan berwarna merah. Kenapa merah ? Unsur api didalam logo Arema harapannya memantik semangat para punggawa Singo Edan untuk tampil berani demi kemenangan dan prestasi. Motif anyaman penyebar tali persaudaraan digambarkan dengan garis anyaman biru dan merah, sedangkan kerah bulat berwarna biru, tetap membawa misi bersatu dibawah semangat satu warna Biru.

 

 

 

MERAH MERAH MERAH sebagai Jersey Cadangan AREMA FC

Tidak mau kalah menterengnya jersey kandang dan tandang, Jersey Ketiga atau Cadangan Arek Arek Malang berwarna merah merona. Kali ini Sang Pemberani berkombinasi dengan lengan berwarna putih.  Komposisi warna dalam jersey ketiga ini menggambarkan bahwa Arema dan Aremania adalah himpunan anak anak bangsa yang membawa misi menghormati Panji Panji Nasionalisme. Merah Berani, Putih Artinya Suci.

Jersey dominasi merah menjadi pilihan Specs dan Manajemen Arema, karena kita juga ingin sepakbola sebagai alat perjuangan bisa teraktualisasi dalam diri setiap punggawa, bahwa Sepakbola membawa misi mengharumkan nama bangsa dan Negara.

Merah bagi Arema juga menjadi bagian dari warna sakral yang identik penggambaran Api yang tersirat dalam logo Arema.  Arema dilahirkan dari tanah pemberani Bhumi Arema, bahwa Arema lahir diantara para ksatria. Sekali lagi,merah, merah dan merah adalah kombinasi keberanian, kekuatan, energy, gairah , keberuntungan dan semangat tinggi.

 

Leave a Reply